viruss

virus ??? what the meaning of virus ??
Virus berasal dari bahasa latin yang berarti racun yang menyerang organisme lain.
Bagaimana sejarah penemuan viruss ??
Meyer pada tahun 1883 menyelidiki penyakit yang menyebabkan daun tembakau berbintik-bintik kuning.Penyebabnya karena penyakit tersebut akibat organisme yang lebih kecil dari bakteri yaitu penyakit mosaik.
Dimitri Ivanowsky pada tahun 1893 menyaring getah dari tumbuhan tembakau dan hasilnya disuntikkan pada tumbuhan dan tumbuhan tersebut terserang penyakit mosaik.
Martinus Bajerinck pada tahun 1897 berkesimpulan bahwa organisme penyebab penyakit mosaik adalah organisme yang lebih kecil dari bakteri dan hanya bisa berkembangbiak didalam tubuh makhluk hidup.
Wendley Stanley tahun 1935 berhasil mengkristalkan organisme dari daun tembakau yang diberi nama TMV (TobaccoMosaik Virus)
Istilah virus pertama kali muncul oleh Leuis Pasteur dalam mengamati penyakit rabies.kalo ada istilah Virologi itu berarti ilmu yang mempelajari tentang virus. Virus juga dianggap sebagai peralihan antara benda mati dan benda hidup.

Bagaimana ciri-ciri virus itu ??? Bentuknya??? Ukurannya ??? Strukturnya ???

Virus itu berukuran sangat kecil hanya sekitar 20 Nanometer (nm) sampai 300 (nm). Masih ingatkah kalian 1 nm itu berapa ???, mari kita ingat 1 nm itu 1/1.000.000.000 meter.Alat yang dapat digunakan untuk melihatnya adalah mikroskop elektron yang mampu memperbesar objek hingga 200.000 sampai 400.000 kali lipat.
Dan bentuk itu bermacam ada yang berbentuk oval,batang, huruf T, kumparan,dan bulat.

struktur virus terdiri dari materi genetik yang berupa DNA atau RNA yang dikelilingi oleh suatu protein pelindung yang disebut dengan kapsid.Kapsid dibangun oleh subunit-subunit yang identik satu sama lain yang disebut kapsomer.Bentuk kapsomer sangat simetris dan suatu saat dapat mengkristal.
Virus tidak dapat bereproduksi secara mandiri karena strukturnya yang sederhana.Untuk bereproduksi virus memerlukan sel inang.Ada 2 siklus reproduksi yaitu daur Lisogenik dan daur Litik.
Virus juga memiliki manfaat yaitu :
1.Digunakan membuat vaksin
2.Membuat bakteri mampu membuat antitoksin
3.membuat bakteri yang disisipi profage tidak berbahaya lagi
tapi virus juga memiliki kerugian pada manusia yaitu penyakit influenza,trachoma,herpes,campak,gondong.
kerugian pada tanaman yaitu Mosaik,CVPD,TMV,Tungro.
kerugian pada hewan yaitu rabies,penyakit kuku dan mulut,penyakit sampar ayam.
Kita dapat mencegahnya dengan cara :
1. Zat antibodi
2.menjaga kebersihan
3.Hindari kontak langsung dengan penderita
4.Disuntikkan vaksin

Tetap waspada terhadap penyakit karena lingkungan di sekitar kita sangat banyak berhubungan dengan penyakit.Jagalah kesehatan anda !!!
SEMOGA BERMANFAAT :)

Posting Komentar

terimakasih